RSS

Lonte Sore

02 Agu

Lonte Sore
Puisi : sang Bayang

Sepenggal kisah di tengah makam,
aku sebatang lonte sore di tengah makam,
tumbuhku tanpa sebab
di tengah kuburan, sepi..
bersanding soka dan kamboja,
yang tak pernah mengerti,
sebab apa, aku terpancang disini.

Sungguh aku tidak ingat,
sejak kapan burung-burung,
membawa benih-benih kehidupanku,
di antara hujan dan panas mendera,
yang memperkuat akarku tertancap.
Entah berapa kali angin,
mengoyak-ngoyak tiap jengkal tubuhku,
membabat mencacah-cacah
lembaran-lembaran segar
yang mestinya tetap terpancang
sebelum aku bosan dan menguning berguguran.

Senangku cukup dipangkuan senja,
kala prenjak-prenjak
dan kutilang senantiasa riang,
diranting bersahut nyanyian,
berloncat kian kemari,
di antara kelopak panjang kuningku,
menebar wewangian pekat
bangkitkan aura magis,
di pelataran segunduk tanah.

Namun.., mengapa aku hidup,
yang tetap tak pernah mengerti,
untuk apa aku hidup..???
dan ada.., ditengah makam ini..???

Ambarawa, 02 Agustus 2012

***
Lonte Sore : Nama sebuah bunga dengan kelopak panjang menyerupai terompet berwarna kuning, bunga ini disebut juga dengan nama ‘Kembang Kantong Bolong’ atau ‘Bunga Terompet’

 
21 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Agustus 2012 in Puisi, Religi, Sajak, Syair

 

Tag: , ,

21 responses to “Lonte Sore

  1. cumakatakata

    3 Agustus 2012 at 21:20

    emang ada ya mas lonte di makam? maksudnya bunga terompet dimakam??

     
    • SanG BaYAnG

      11 Agustus 2012 at 22:46

      Ada terompet.. :D

       
      • cumakatakata

        12 Agustus 2012 at 22:13

        hmmmmm…
        kok aku gak tau ndelok yo mas?

         
        • SanG BaYAnG

          12 Agustus 2012 at 22:27

          Mending di tiup timbang mung the-look.. wkxkxkxkx

           
          • cumakatakata

            12 Agustus 2012 at 23:52

            kok “the look” mas???

             
            • SanG BaYAnG

              13 Agustus 2012 at 17:21

              Ben kayak wong landa.. :mrgreen:

               
              • cumakatakata

                13 Agustus 2012 at 20:50

                hohohoo

                I you wish

                 
                • SanG BaYAnG

                  13 Agustus 2012 at 21:02

                  Wkxkxkxkx.., wasis banget mase.. :lol:

                   
                  • cumakatakata

                    13 Agustus 2012 at 21:07

                    loh… seng muru’i sopo?

                     
                    • SanG BaYAnG

                      13 Agustus 2012 at 21:12

                      emang ada sing muru’i tah.., biasane lak ngarang dewe kan.. :P

                       
                    • cumakatakata

                      13 Agustus 2012 at 21:53

                      lek iki beda mas…
                      onok urutane ngunu….

                       
                    • SanG BaYAnG

                      13 Agustus 2012 at 22:00

                      Njur urutne pie..???
                      Nek cara kene ngurutne ki nggone tukang pijet je

                       
                    • cumakatakata

                      13 Agustus 2012 at 22:11

                      urute seng jelas, teko duwur menisor…
                      #btw aku yo wes suwi gak pijet mas…

                       
  2. Ade Rahmawati

    2 Agustus 2012 at 09:42

    tadinya saya kira lonte disini artian konotatifnya :D sama saja, saya juga bertanya2
    Salam kenal, kunjungan pertama

     
    • SanG BaYAnG

      2 Agustus 2012 at 17:32

      Nah.. lo.., ketipu kan.. :P
      Emang gue tukang ngibul je :mrgreen:

      Salam kenal jua Mbakyu.. ;)
      Terimakasih atas kunjunganya.. :)

       
  3. yisha

    2 Agustus 2012 at 02:01

    yap, yisha pengin nanya, apa itu Lonte Sore? oh, nama bungaaaaaa…………. :)

     
    • itatea

      2 Agustus 2012 at 06:48

      hahaha samaaaaaaaa tadinya mo nanya lonte apaan.
      eh udah keduluan dijawab.
      keknya sih belajar dari pengalaman nih c mas. qiqiqi

       
      • SanG BaYAnG

        2 Agustus 2012 at 17:28

        Yisha >> Nah ntu.. :lol:

        Itatea >> Eit..,bukanya belajar dari pengalaman.., tapi kadang-kadang aja kalau pas kumat bisa meramal :P

         

Tinggalkan Komentar Semanis Mungkin Ya..???

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 547 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: