RSS

Garang Matahari Malam

30 Okt

Matahari garang bertolak pinggang
musuh-musuh menyerah kalah
setelah lama gauli lonte dan priyayi.
Batang kurus malu menunduk
pohonan tua berkesan tak lapuk,
sekelompok manusia berduka
mendengar rintih muram menyayat,
tanpa harap menunduk di sepanjang jalan mengintip matahari negri.

Gurun tambah panas,laut mungkin kan mengering,
abaikan mentari pagi tampakan taring
yang membakar baleho dari bibir kampus
mengusir nyamuk-nyamuk yang cemas
bebaskan dari derita berkepanjangan.
Panji-panji berkibar hambar
saksikan pesat tunjangan bejat
di tengah duka yang tak tampak seperti kampak perompak hak.

Lampu ungu menyala di podium,
matahari mungkin kehilangan fungsi,
sebagai jembatan penghubung kelangsungan sebuah hidup.
Hari berbulan tahun
negri terasa tanpa perubahan
yang dengan malas menjemur pagi tak berarti.
Asap pemanggang mengganti panas
kulit ayam menghitam tanpa dalih
menindih kemanusian di bawah aturan
demi gaji seorang mentri
atau ster dan benteng-benteng di atas kuda dan bidak-bidak murah kemakmuran.

*Lorong Hitam*
(Ngrambe,Oktober 2009)

 
16 Komentar

Ditulis oleh pada 30 Oktober 2009 in Politik, Sajak, Selayang Pandang, Sosial, Syair

 

Tag: , ,

16 responses to “Garang Matahari Malam

  1. Nisa

    20 Desember 2009 at 14:04

    di lorong petang dan pegunungan bisa nulis yg kaya genee..
    mantab jaya euy!

     
  2. Aribicara

    12 November 2009 at 07:31

    kalau yg ini aku ga dong apa amksudnyaπŸ˜€

    *Buatin kamus puisi dongsπŸ˜€ ckckck ..

    SalamπŸ™‚

     
  3. SanG BaYAnG

    6 November 2009 at 07:28

    Loh..,kq tau..πŸ˜€

     
  4. ajengkol

    6 November 2009 at 06:56

    Ngrambe walikukun tah hehehe ?

     
  5. quinie

    5 November 2009 at 05:35

    sori baru mampir lagi.
    ehm… masih speechless karena sayah ga ngerti puisi.
    btw, makasih dukungannya untuk acara launching komunitas bekasi yaπŸ™‚

     
  6. Khoirul Huda

    31 Oktober 2009 at 13:46

    sinar matahari semakin kalah ma sinar bejat ya mas,….? hmmm akhir jaman tuh….. tukeran link boleh g nih,…?

     
    • SanG BaYAnG

      31 Oktober 2009 at 19:33

      Entahlah..,entah akhir jaman atau perubahan jaman yang di telan..πŸ™‚

      Tukeran boleh jua ntu mas..,sips..πŸ™‚

       
  7. hari ini

    31 Oktober 2009 at 08:41

    bingung nih mow comment opo….
    lampu itu harus menyala

     
    • SanG BaYAnG

      31 Oktober 2009 at 19:26

      Iyo ancene..,ben gak peteng..πŸ™‚

       
  8. nurrahman18

    30 Oktober 2009 at 22:36

    ngrambe itu mana bos? wah pecinta puisi yah? hehehe

     
    • SanG BaYAnG

      30 Oktober 2009 at 22:50

      Ngrambe ntu sebuah kecamatan di wilayah kota ngawi mas..,tp di pelosok dan gunung..πŸ™‚

      Ya beginilah mas..adanya ane..,suka ato cinta ma puisi itu tergantung bagaimana penilaian dari yang ngebaca blog ene aja dhe..πŸ™‚

       

Tinggalkan Komentar Semanis Mungkin Ya..???

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: