RSS

Salah Mengusung Nama

20 Okt

Salah Mengusung Nama
Puisi Kuatrain : Sang Bayang

Sebaris kata berarak menerjang bait
terpuruk dikekang keangkuhan
mendaki tangga diujung langit
tak bertepi—menghilang dibaris kehinaan

makna makna menggeliat—lari terbirit
menjerit lantang membawa penahbisan
dari jiwa jiwa malang yang sakit
dan aku menatap—kasihan

ibaku; menyeruak dalam sajak
menekuk muka, mendengarkan
kumandang nama—nama bergemeretak
berdecak kagum pada penggila zaman edan.

Ambarawa, Oktober 2012

***Kuatrain : puisi yang tiap baitnya terdiri atas empat baris (puisi empat seuntai).
Lintas Berita, Akidah Aqidah ,Artikel,Beranda, Berita, Bisnis, Bonapasogit, Budaya Buku, Buku Islam, Catatan, Cerpen, Cinta, Comedy, Curhat, Download, Ekspresi Tulisanku, Evil Couple, Family, Fanfiction, Fantasy, Fikih, Foto, Friendship, Hack4Number, Hadits, Honda, Hukum, Humor, HyunCouple, Info, Informasi, Internet, Islam, Keluaran, Kisah, Komputer, Kriminal, Kuliner, Kutipan Favorit, Lain-lain, Manhaj, Menulis, Motivasi, Musik, News, Nyeloteh, Opini, Otomotif, Pendidikan, Pengetahuan, Pengumuman, Picture, Politik, Produk, Prudent Consulting, Puisi, Renungan, Resep Kue, Review, Romance, Sad, Sejarah, Semua Tulisan, Semua kategori, Series, Share, Siroh, Software, Super Junior, TUGAS KULIAH, Tak Terkategori, Teknologi, Tips, Tips Trick WP, Tugas, Tutorial, Tv online, Video, Wisata, Cerita, Chapter, Chaptered, Comfort, Event, Fan fiction, Fiksi, Gambar animasi bergerak, Kesehatan, Kuliah, Oneshot, Other couples, Sastra, Seluruh artikel, Serba-serbi, Sosial, Tips/ trik, Umum

 
43 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Oktober 2012 in Puisi

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

43 responses to “Salah Mengusung Nama

  1. aqomadin

    20 Oktober 2012 at 21:29

    terbelenggu di ujung tandu…
    mancapppπŸ™‚

     
    • SanG BaYAnG

      21 Oktober 2012 at 01:48

      Hehehe.., masih ingat kata-kata itu Mas..πŸ™‚
      Terimakasih Mas..πŸ™‚

       
  2. kangyaannn

    20 Oktober 2012 at 21:23

    semakin mantap aja gan Bay….

     
  3. Sang Dewi

    20 Oktober 2012 at 21:20

    Apa yg mas bayang rasakan saat menulis ini..?? πŸ™‚

     
  4. DM. Asmed

    20 Oktober 2012 at 12:00

    Terkadang mengikuti disiplin aturan penulisan puisi saya akui menghasilkan keindahan meski terkadang harus terlepas dari kaidah-kaidah tatabahasa yang baik dan benar…… Muantap bro

     
    • SanG BaYAnG

      21 Oktober 2012 at 01:42

      Bicara soal lepasnya kaidah tata bahasa yang baik dan benar dalam puisi. Saya rasa itu hampir terjadi pada semua syair puisi yang memiliki kwalitas mas. Sebab kita tak bisa memungkiri, bila kamus bahasa kita tak mampu menampung jumplah bahasa, hingga sebagian dari kata akhirnya lari ke daerah asal masing-masing. Dan sempat juga saya puisikan dalam blog ini.

      Sementara untuk kedisiplinan aturan pada sebuah puisi, dengan alasan keindahan. Ya silahkan.., dan itu sah-sah saja. Namun bagi saya pribadi lebih baik tidak menggunakan aturan bila harus memaksan diri membentuk ritme yang justru membunuh vokal dalam sebuah syair. Bagi saya (pribadi) : keindahan didapat bukan dari kedisiplinan pada sebuah aturan, namun bisa kita dapatkan dari ketepatan dan kekuatan, tentunya pada kekuatan bermakna juga.

       
      • DM. Asmed

        21 Oktober 2012 at 13:21

        waah, saya salut sama mas bro bayang, punya pendirian dan idealisme dalam berpuisi, saya yakin dan percaya bahwasanya puisi kontemporer saat ini sangat digandrungi dan sangat memikat hati banyak penyair, tanpa harus memikirkan rytme yang telah ditetapkan dan tidak terikat dalam aturan2 penulisan sebuah puisi.

        Dulunya saya senang sekali menulis kontemporer, namun akhir2 ini saya justru tertarik menulis puisi yang terikat dengan arturan2 tersebut, tingkat kesulitan penentuan rytme, memutar balikkan susunan tata bahasa *pemilihan kata tidak termasuk didalamnya* merupakan tantangan tersendiri buat saya. untuk itu mohon bimbingannya masbro, siapa taw masbrow punya artikel2 yang berkaitan dengan puisi, mohon upload, agar dapat menjadi referensi dalam menulis puisi dan pembelajaran buat kita bersama. *mengingat backgroud saya bukan berasal dari Sastra Indonesia*

         
        • DM. Asmed

          21 Oktober 2012 at 13:41

          Sorry ma berhubung tuts y dan t berdekatan jadinya salah ketikπŸ™‚ harap maklum

           
        • SanG BaYAnG

          23 Oktober 2012 at 01:47

          Wah.., hebat. Anda berlatar belakang sastra, sementara saya cuma seorang kuli biasa. Dan seharusnya saya lah yang meminta bimbingan dari anda.

          untuk artikel puisi. Maaf sekali mas.., saya tidak punya artikel tentang puisi. Karena itu akan membuat saya terkekang oleh segala macam ketentuan yang senantiasa bertentangan dengan kebebasan saya dalam menulis. sedang untuk artikel pribadi yang berkaitan dengan puisi, itu sering saya selipkan dalam bait-bait syair. Misalnya seperti Hidup Matinya sebuah Puisi, Salah Mengusung Nama, pada bait pertama Ziarah Cinta Di batas Penantian dan masih banyak lagi.

          Sedang tantangan bagi saya adalah memuisikan sebuah buku setebal 800 halaman (atau lebih) menjadi satu bait (baca : hanya satu bait/beberapa baris saja) dan membaca semesta beserta tandanya sebagai makna kehidupan yang tertuang dalam tulisan.

          Salam Istimewa

           
          • DM. Asmed

            23 Oktober 2012 at 19:07

            Justru sikap Padi mas bro ini niih yang membuat saya ingin berguru, tapi ga apa lah, udah diizinkan berkunjung dan melihat-lihat isi blog mas bro juga sudah jadi pembelajaran. perlu dicatat, latar belakang sastra saya tidak ada gunanya kalau untuk puisi Indonesia, tidak berguna untuk menjalani hidupπŸ™‚ sedang Mas Bro malah sudah punya dan atau mungkin tengah membaitkan buku berhalaman -+800 an. Makanya saya yang selalu mengenakan topi ini mengangkat topi lah buat Mas bro bayang. Dan ingin belajar tentang puisi sama Mas Bro Via Blog ini…..πŸ™‚

            Salam Istimewa juga buat Mas Bro.πŸ™‚

            NB: saya juga dulu kuli mas bro, malah sekarang tambah parah; jadi budak, makanya selalu ingin belajar dari yang lebih bergaram agar puisi-puisi yang dihasilkan memiliki kualitas “Seperti kata Mas Bro.”πŸ™‚

             
            • SanG BaYAnG

              24 Oktober 2012 at 02:47

              Nyebutnya.., kita belajar bersama kayaknya lebih enak mas. Dan didalam menulis kita semua itu sama, hanya keberuntungan dan pemikiranya saja yang kadang membedakan.

              Tentang latar belakang satra dari manapun, itu tetep aja berguna mas. Jika anda pernah mendengar Prof. Koh Young Hun (Hankuk University) atau Datok Kemala (Universitas Selangor Malaysia). Dimana Beliau-beliau ini sepertinya tetep asik asik saja. Dan andai pernah mengerti beliau, tentu anda tidak akan berkata demikian. Biarlah waktu menjawabnya Mas, Yakinlah dengan kemampuan anda.

              Istimewa.

               
  5. Kemas Erwin Saputra

    20 Oktober 2012 at 11:56

    Bener-bener dah, ane cuma bisa ngelamun aja baca puisi agan bayang…

     
    • SanG BaYAnG

      21 Oktober 2012 at 01:26

      Ah.., biasa saja lah mas. Kita sekedar corat-coret saja kq..πŸ™‚

       
  6. katrinaedwards

    20 Oktober 2012 at 10:41

    nikmati aja dengan tersenyum….πŸ™‚

     
    • SanG BaYAnG

      21 Oktober 2012 at 01:25

      Ikut tersenyum aja ah..:mrgreen:

       
      • katrinaedwards

        21 Oktober 2012 at 01:30

        πŸ™‚

         
        • SanG BaYAnG

          21 Oktober 2012 at 01:42

          Selamat malam Na.
          Kq belum tidur..πŸ™‚

           
          • katrinaedwards

            21 Oktober 2012 at 01:45

            Selamat malam juga mas..

            iya belum..masih belum mengantuk…baru aja buka laptop ni..πŸ™‚

             
            • SanG BaYAnG

              21 Oktober 2012 at 01:47

              Betah nian..πŸ™‚
              Waw.., yang baru buka Na apa saya..:mrgreen:

               
              • katrinaedwards

                21 Oktober 2012 at 01:48

                benaran saya yang baru buka..tadi seharian agak sibuk dengan tamu..πŸ™‚ tamu mama sebetulnya..

                 
                • SanG BaYAnG

                  21 Oktober 2012 at 01:50

                  Hehehe.., kalau saya emang baru buka.πŸ™‚ Seperti biasa lah. mesti bagi waktu dan tidur dulu.

                  Ada acara apa ne.., sepertinya kq rame banget..πŸ™‚

                   
                  • katrinaedwards

                    21 Oktober 2012 at 01:52

                    biasa aja mas..hujung minggu..saling berkunjung dan kebetulan hari ini mereka kesini..πŸ™‚ silaturahmi

                     
                    • SanG BaYAnG

                      21 Oktober 2012 at 01:54

                      Oh.., berakhir pekan gitu ceritanya..πŸ˜€

                       
                    • katrinaedwards

                      21 Oktober 2012 at 01:55

                      iyaa..πŸ™‚ sibuk dan melelahkan namun menyenangkan…πŸ™‚

                       
                    • SanG BaYAnG

                      21 Oktober 2012 at 02:07

                      Uwah.., yang lagi seneng. Tapi kelelahan itu terbayarkan..πŸ˜€

                      O..iya.., maaf ini tak sambi ngetik, jadi sering telat ngebalesnya. Maaf ya Na..😦

                       
                    • katrinaedwards

                      21 Oktober 2012 at 02:11

                      tak mengapa..Na juga sambil2..πŸ™‚

                       
                    • katrinaedwards

                      21 Oktober 2012 at 02:15

                      lagi siapkan posting baru yaaπŸ˜€

                       
                    • SanG BaYAnG

                      21 Oktober 2012 at 02:18

                      Ah.., sekedar corat coret saja kq.
                      Baru bangun, isi kepala ni serasa masih kaku..:mrgreen:

                       
                    • katrinaedwards

                      21 Oktober 2012 at 02:19

                      yang separa sedar itu selalunya mengilhamkan yang tidak kita sangka2 mas..tulis aja deh..πŸ™‚

                       
                    • SanG BaYAnG

                      21 Oktober 2012 at 02:21

                      iyah.., ni juga baru mengetik..hehehe..πŸ˜€

                       
                    • katrinaedwards

                      21 Oktober 2012 at 02:22

                      semangat mas..πŸ™‚

                       
                    • SanG BaYAnG

                      21 Oktober 2012 at 02:26

                      iyah.., terimakasih atas suportnya Na.

                      Mudah-mudahan tetap menulis di sela kesibukan sehari-hari..

                       
                    • katrinaedwards

                      21 Oktober 2012 at 02:29

                      πŸ™‚ Na support mas kerana Na sendiri ingin belajar dari mas..

                       
                    • SanG BaYAnG

                      21 Oktober 2012 at 02:32

                      Lho.., ya ndak bisa gitu dunk. Seharusnya saya yang belajar dari Na.πŸ™‚

                      itu “Love story..a song to remember” begitu bagus dan tegas kata-katanya..:mrgreen:

                       
                    • katrinaedwards

                      21 Oktober 2012 at 02:33

                      hmm..saling belajar dan membimbing aja yaaπŸ™‚

                       
                    • SanG BaYAnG

                      21 Oktober 2012 at 02:34

                      Okey.., belajar bersama. sepertinya kata yang lebih baik..πŸ™‚

                       
                    • katrinaedwards

                      21 Oktober 2012 at 02:37

                      yupz..πŸ™‚

                       
                    • SanG BaYAnG

                      21 Oktober 2012 at 02:37

                      goods..πŸ™‚

                       
                    • katrinaedwards

                      21 Oktober 2012 at 02:41

                      πŸ™‚

                       
  7. achoey el haris

    20 Oktober 2012 at 08:48

    kau memang penyair muda

     
    • SanG BaYAnG

      21 Oktober 2012 at 01:25

      Saya blogger mas.., blogger ngawi-BPC..:mrgreen:

       

Tinggalkan Komentar Semanis Mungkin Ya..???

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: