RSS

Balada Iblis Pengupas Makna

21 Okt

Balada Iblis Pengupas Makna
lirik Puisi Bebas : Sang Bayang

Malam selalu kau datangi dengan cahaya. Di negeri bayangan yang redup. Tenang. Kadang terang. Silaukan mata dengan nyala membakar. Satu dua bait terlempar. Memapar pemikiran, dari renung berbagai pengalaman. Mengalir pelan, namum mengejutkan. Menghujam—dengan kekuatan makna tersimpan. Seperti tersimpanya rahasia, yang kau sembunyikan dibalik kegelapan malam tempatmu mengais kata.

Masih kuingat. Suatu hari kita pernah bersinggungan dalam sebuah pencarian. Hingga saling menendang, bahkan menghunus parang. Tak segan mencekik. Membabat makna. Memangkas kata. Seenaknya. Tak ragu memenggal kepongahan. Layaknya algojo yang menutup mata, kala mengayun pedang ditempat penjagalan. Serupa iblis datang dari neraka—sedang lakukan pembantaian. Begitu tega. Bengis, kejam. Itulah diri kita yang sombong. Kemana-mana membawa belati. Bergalah. Lengkung. Dan tajam. Siap jalankan misi. Menghabisi. Mengebiri puisi. Demi makna tersembunyi.

Kita meyakini, bunyi-bunyi liar yang kita miliki adalah puisi yang lahir dari dirinya sendiri. Namun kita selalu mempertanyakan. Mengapa kita bisa lahir dengan berbagai macam keliaran. Membuat kita enggan bersahabat. Hingga mulut saling mengumpat. Beradu kepala hingga semua kulit mengelupas. Demi kepentingan yang tak perlu diperebutkan. Serupa hip-hop dengan penghakiman—aku atau kau yang tumbang duluan. Sedang puisi hanya butuh kita silangkan di dada dan memeluknya dengan rasa cinta.

Ambarawa, Oktober 2012

 
118 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Oktober 2012 in Prosa, Puisi, Sajak, Syair

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

118 responses to “Balada Iblis Pengupas Makna

  1. Ctendjho Rap

    7 Oktober 2014 at 21:20

    keren puisinya.

     

Tinggalkan Komentar Semanis Mungkin Ya..???

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: