RSS

Dari Puisi Kembali Pada Puisi

25 Nov

Dari Puisi Kembali Pada Puisi
Lirik Puisi Bebas : Sang Bayang

Berapa malam kuinjak jejak kala bulan menyala terang. Tak pernah menghitung bintang. Menolak datang berapa bintang satu tak terpetik.

Dan aku bilang tidak. Sekali lagi. Tidak ketika aku berkata membantah β€œini puisi tak menjelmakan isi hati”. Sebab kata seribu kali permata, lebih berharga mengangkangi dada.

Ego membelenggu di kurungan waktu. Malam memasung gelap sembunyikan diri. Di dalam sunyi tak sanggup lari ketika takdir membuka jalanya sendiri. Mungkin ini karma—datang tanpa permisi. Membawa partitur-partitur jiwa. Melekat erat. Tertanam. Sedang kau; bukan biji pilihan yang bisa tumbuh di sembarang tempat.

Walau kusiram dan menguras habis telaga air mata. Percuma menggenggam matahari pagi ketika sejuk pasti berlari. Dan kau hanyalah biji mati. Tak akan pernah menyembulkan daun. Terlebih menguncup. Sedang kebodohanku adalah bila tetap menunggu.

Dari Puisi Kembali Pada Puisi

Hari meluncur berganti ketika aku kembali. Kembali menjadi diri. Kembali menulis puisi. Dengan tangan dan kaki. Aku berdiri. Berjalan. Sendirian. Tanpamu. Biji menggantung tak bakal bertunas di atas awan. Melintas tak tumbuh kemudian jatuh, kemana suka rebahkan tubuh.

Biar waktu berlalu dan bulan timbul tenggelam. Bergantian mengisi hari. Sedang kesetiaanku adalah memeluk malam berkawan sunyi. Walau abadi menjadi pengingkar nurani. Makar terhadap diri. Biarlah sunyi bersemayam. Dalam diri. Dalam hati. Menguasai setiap lekuk tubuh pikiran berlari.

Biar kupeluk malam memangku emas dipalung jiwa tak bersekat. Mengharap bintang menyala terang-di kesunyian turunkan hujan seteguk air. Padat mengisi bilik hentakan bisu pembaringan sendu. Serupa uluran tangan galah kayu bangkit menjadi pohon. Sebatang tumbuh bersemi. Menabur kuncup mekar—di pelataran. Tebarkan harum tanpa bunga. Di cipta wangi mengurai diri. Dalam puisi dan kata. Dalam makna. Tertulis dengan sepenuh jiwa.

Biar sebiji hati merambah jalari bumi. Nadi mati bernafas kembali. Tersenyum indah berkawan sunyi. Mengarungi malam dengan nyala api. Panas—membakar. Kayu lapuk menjadi abu. Kemudian tumbuh kembali dengan tetesan embun. Mengusung sejengkal jiwa kedalam tungku. Berkobar. Tak lagi di pasung gusar. Binar menjelajah malam. Gelap tak lagi terperangkap kelam. Menanti fajar sebentar lagi pergi. Menghilang remang mentari bersinar. Penuh warna bertabur pesona. Menghias seribu malam kedepan. Mengasah sebilah jiwa dengan satu cinta. Pada puisi dan Kata. Tanpamu perempuan kaca.

Ambarawa, 25 November 2012

 
32 Komentar

Ditulis oleh pada 25 November 2012 in Prosa, Puisi

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

32 responses to “Dari Puisi Kembali Pada Puisi

  1. Acep Aprilyana

    1 Desember 2012 at 11:26

    Aslkm..
    punten, ngiring ngalangkung..

     
    • SanG BaYAnG

      2 Desember 2012 at 02:19

      Mangga..
      Silahkan.., pake saja sendalnya ya..πŸ™‚

       
  2. Mila

    25 November 2012 at 23:34

    puisi itu romanticπŸ™‚, pengungkapan bahasa yang tak biasaπŸ™‚

     
    • SanG BaYAnG

      26 November 2012 at 02:22

      Hmm.., biasanya bagaimana ya Mbak Mila..πŸ˜‰

      Terimakasih banyak atas apresiasinya Mbak..

       
      • Mila

        26 November 2012 at 21:43

        ya namanya juga wanita, puisi itu tergantung siapa yg memberiπŸ˜›

         
        • SanG BaYAnG

          27 November 2012 at 02:02

          Hihihih.., bagaimana kalau yang ngasih SBY..:mrgreen:

           
  3. Ely Meyer

    25 November 2012 at 21:58

    perempuan kaca itu spt apa ya Kang ?πŸ™„

     
    • SanG BaYAnG

      26 November 2012 at 02:20

      Yang bisa mencerminkan diri.. :mrgreen;

       
  4. izzawa

    25 November 2012 at 17:52

    gelang cewek nya bagus (salah fokus):mrgreen:
    tapi lebih bagusan puisinyaπŸ˜‰

     
    • SanG BaYAnG

      26 November 2012 at 02:19

      Ha.., itu kacamata di avat juga bagus..hehehe..:mrgreen:

       
  5. lambangsarib

    25 November 2012 at 17:14

    TOP

     
    • SanG BaYAnG

      26 November 2012 at 02:16

      Terimakasih Om.. semoga bisa ketemu Markotop..πŸ™‚

       
      • lambangsarib

        26 November 2012 at 12:04

        eh, sang bayang dimana tinggal dimana ?

         
        • SanG BaYAnG

          27 November 2012 at 01:52

          Nah.., untung tanyanya tidak pas saya sakit kemarin..πŸ™‚

          Saya tinggal di Ambarawa-Semarang Om.., jika melewatinya silahkan mampir Om..πŸ™‚

           
          • lambangsarib

            27 November 2012 at 10:16

            Yang teringat Palagan Ambarawa, dulu sering lewat sekarang tidak pernah lagi,

             
            • SanG BaYAnG

              28 November 2012 at 02:03

              Wah.., sayang ndak lewat lagi..

              Kalau nyampe sana lagi silahkan mampir Om..πŸ™‚

               
              • lambangsarib

                28 November 2012 at 10:37

                sudah 10 tahun lebih kayaknya nggak lewat. Tapi ok deh…. semoga ada waktu yah.

                 
                • SanG BaYAnG

                  29 November 2012 at 02:40

                  Aha.., luama banget Om..

                  Okey..lah.. Sips..πŸ™‚

                   
                  • lambangsarib

                    29 November 2012 at 12:10

                    iya, jadi kangeeen

                     
                    • SanG BaYAnG

                      30 November 2012 at 01:46

                      Hehehe.., semoga rasa kangenya akan mengatar kita kemanapun tujuan itu ya Om..πŸ™‚

                       
                    • lambangsarib

                      30 November 2012 at 09:05

                      ok seeep

                       
                    • SanG BaYAnG

                      1 Desember 2012 at 01:31

                      Joss.. lagi..:mrgreen:

                       
  6. kangyaannn

    25 November 2012 at 15:04

    setiap baca puisi gan Bay, saya salalu berusaha memaknai pesanya, banyak yg gak bisa saya tangkap pesanya karena ke-awaman saya… ujung ujungnya gak komen sekedar nge-like hehe.

    untuk puisi di atas ada nada pasrah dan berserah… tapi itu juga gak tau bener apa gak….

     
    • SanG BaYAnG

      26 November 2012 at 02:15

      Sama Kang.., saya juga masih awam..

      Hehehe.., tahu aja ne si Akang..πŸ™‚

       
  7. Muh Nahdhi Ahsan

    25 November 2012 at 14:23

    Soyo suwe puisi iso dadi kategori cerpen…

     
    • SanG BaYAnG

      26 November 2012 at 02:12

      Bisa jadi mas..hehehe..πŸ™‚

      Terimakasih banyak Mas Muh..

       
  8. zasseka

    25 November 2012 at 03:39

    aduh… bahaya cerita cerita, mesti dadi tulisan hebat sang bayangπŸ˜€

     
    • SanG BaYAnG

      25 November 2012 at 03:42

      Hehehe.., namanya juga cerita..:mrgreen:

      Bukankah tulisan juga berasal dari cerita, pengelaman, pengamatan Boss..hahaha..πŸ˜†

       
      • zasseka

        25 November 2012 at 03:55

        ahahahhahahahsyem
        hahahahahmbuh!πŸ˜›

         
  9. danirachmat

    25 November 2012 at 03:34

    Indah…

     
    • SanG BaYAnG

      25 November 2012 at 03:36

      Hehehe.., rupanya Mas Dani belum tidur..πŸ™‚

      Terimakasih banyak Mas.. #jadi senyum-senyum sendiri akibat di puji..πŸ™‚

       

Tinggalkan Komentar Semanis Mungkin Ya..???

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: